Metode Penanggulangan Pencemaran Air

Di era yang semakin berkembang ini tentunya banyak yang berubah dari konsep hidup manusia. Dari yang semula  tidak mengerti tentang teknologi menjadi paham apa itu teknologi dan masih banyak contoh-contoh lainnya. Namun seiring dengan banyakknya perubahan sikap pada manusia,tentunya banyak juga perubahan yang terjadi di alam. Ada yang bersifat posistif maupun negatif. Seperti halnya pencemaran. Apa yang dimaksud dengan pencemaran?. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pencemaran adalah masuknya berbagai polutan ke dalam lingkungan,sehingga lingkungan tersebut menjadi tidak sehat. Pencemaran dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Pencemaran berdasarkan tepat terjadinya
Pencemaran air
Pencemaran tanah
Pencemaran udara

2.Pencemaran berdasarkan jenis pencemarnya
Pencemaran kimia
Pencemaran biologi
Pencemaran fisik
Pencemaran visual
Pencemaran suara

3. Pencemaran berdasarkan tingkat
Pencemaran ringan
Pencemaran kronis
Pencemaran akut

Pencemaran air. Apa yang dimaksud dengan pencemaran air?. Pencemaran air yaitu peristiwa masuknya zat, energi, unsur,atau komponen lainnya kedalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu. Kualitas air yang terganggu ditandai dengan perubahan bau,rasa, dan warna. Pencemaran air diakibatkan oleh beberapa faktor seperti limbah pabrik,limbah rumah tangga,limbah pertanian. Hal-hal yang mendorong terjadinya pencemaran air yaitu banyaknya pabrik-pabrik yang tidak mengolah limbah ataupun membuang limbah secara bijaksana.  Terlebih lagi jika pembuangan limbah di alirkan ke tempat-tempat yang menjadi sumber kehidupan bagi manusia seperti laut,sungai. Dan limbah yang sulit diuraikan ataupun diolah yaitu limbah cair,sehingga kemungkinan pencemaran air akan semakin tinggi.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi atau mencegah pencemaran air yaitu dengan:
1. Apabila kita sebagai pelaku industri
Sebaiknya,sebelum mendirikan suatu peusahaan maka perlu dipastikan pengolahan limbah,pembuangan limbah yang harus dipikirkan secara baik-baik agar tidak merugikan pihak satu dengan yang lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu harus mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang akan terdampak limbah. Selanjutnya, dalam proses produksi sebaiknya menerapkan sistem  pengolahan limbah secara maksimal. Yang dimaksud dengan sistem pengolahan limbah secara maksimal yaitu Input yang digunakan tidak berlebihan sehingga dalam proses produksi,limbah yang dihasilkan lebih sedikit karena dalam poses produksi, limbah yang sekiranya masih bisa digunakan maka akan diproses kembali dan menghasilkan Output yang lebih beragam.
2. Apabila kita sebagai pelaku rumah tangga
Dalam kehidupan,tentunya kita tidak dapat terlepas dari penggunaan bahan kimia. Dan apabila kita sebagai pelaku rumah tangga,maka penggunaan bahan kimia tersebut pasti akan digunakan. Bahan-bahan atau produk rumah tangga yang menggunakan bahan kimia diantaranya sabun mandi,detergent,shampo dan lainnya. Mengapa bahab-bahan tersebut dapat memicu adanya pencemaran?. Karena bahan tersebut mengandung Ph yang kurang dari 7 sehingga bersifat basa. Dan apabila air tercemar dengan polutan yang memiliki ph kurang dari 7 maka air tersebut sudah dikatakan tercemar dan tidak layak untuk dikonsumsi. Tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah tersebut yaitu mengurangi penggunaan produk yang mengandung bahan kimia sehingga pencemaran air dapat diminalisir.

Masih banyak tindakan-tindakan yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi pencemaran air. Dimulai dengan kesadaran dari masing-masing individu untuk tidak memperburuk keadaan air di Bumi ini. Karena air merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Apabila tidak ada air maka manusia,hewan, dan tumbuhan akan mati. Sehingga,apabila kita ingin hidup lebih sehat dan sejahtera maka hindari tindakan-tindakan negatif yang merugikan disi sendiri terlebih merugikan alam. Karena kita hidup bergantung pada alam dan seisinya, dan yang menggunakan ataupun yang menikmasti seisi alam bukan hanya kita pada generasi sekarang,namun generasi yang akan datang juga akan merasakan. Jangan merelakan masa depan hanya untuk kepentingan masa kini.

Artikel ini untuk memenuhi tugas Ekologi Industri tentang Pencemaran Air dan Cara
Menanggulangi.
Apabila ada kesalahan kata atau kaimat saya sebagai penulis artikel mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Referensi: Slide Ekologi Industri
Oleh Abdul Malik Firdaus, S.Kel.M.I.L

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mengenai pencemaran visual, bagaimana cara menanggulanginya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencemaran visual yaitu pencemaran yang dapat mengganggu atau merusak nilai estetika. Seperti contoh penempelan iklan secara sembarangan tanpa mengi dahkan nilai estetika bahkan perizinan. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir keadaan tersebut yaitu dengan menyediakan tempat khusus untuk penempelan iklan atau spanduk. Dan diberlakukan sanksi apabila ada yang melanggar. Sehingga dapat menimbulkan efek jera

      Hapus
  3. Kak untuk sungai sungai yang air nya sudah tercemar, itu dapat membuat air lainnya juga tercemar, bagaimana langkah tepat yang dapst diambil dari kejadian tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langkah yang dapat diambil untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu: kita tidak bisa langsung menghentikan atau menghilangkan pencemaran air tersebut secara sekejap. Artinya,semakin kita mengurangi tindakan yang dapat mencemari air maka air yang sudah tercemar tersebut tidak akan tercemar. karena kita sudah meminimalisir adanya pencemaran air.

      Hapus
  4. Perbedaan antara pencemaran kronis dengan pencemaran akut itu bgm kak? Dan dampak nya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencemaran kronis yaitu pencemaran yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit yang serius. Contoh pencemaran Minamata, Jepang. Pencemaran akut yaitu pencemaran yang dapat mengakibatkan kematian yang seketika. Contoh pencemaran radioaktif. Dampak yang ditimbulkan sebenarnya sama saja, akan merugikan manusia dan lingkungan. Sekecil apapun pencemaran, pasti itu sudah menimbulkan dampak negatif.

      Hapus
  5. Terima kasih ayas informasinya, karena sangat membantu tugas sekolah saya

    BalasHapus
  6. Mas/adek yg diatas saya, anda typo 😂

    BalasHapus
  7. Bul gimana cara mengatasi pencemaran nama baik? Misal nama anissha tapi manggilnya sibul

    BalasHapus
  8. Menurut saudari anissha, apakah hanya pelaku industri dan masyarakat saja yg berperan dlm mencegah atau menanggulangi masalah pencemaran air?
    Menurut anda Pemerintah jg berperan apa tdk? Kalo iya, bagaimana peran pemerintah dlm menanggulangi pencemaran air tsb? Klo tdk, berikan alasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, semua elemen masyarakat dapat berperan dalam penganggulangan pencemaran air. Begitu juga dengan pemerintah. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah yaitu memberikan bantuan berupa dana ataupun dengan bentuk sosialisai sehingga dapat meyakinkan masyarakat untuk lebih menyayangi lingkungan dan setidaknya dapat mengurangi pencemaran air. Dan pihak pemerintah pun dapat berpartisipasi untuj tidak mencemari lingkunga. Bukan berarti pemerintah yang memfasilitasi dan tidak menjalankan. Semua pihak harus menjaga kelestarian lingkungan termasuk meminimalisir pencemaran air guna mencapai kehidupan yang stabil, sehat dan bermanfaat.

      Hapus
  9. Apa dampak dari pencemaran air selain ekosistem rusak, apakah dampak negatif dari pencemaran air bisa merembet ke perekonomian rakyat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air tidak hanya mengancam kelangsungan ekosistem. Melainkan dapat mengancam perekonomian warga. Hal ini dapt terjadi apabila limbah perusahaan, rumah tangga di buang ke daerah yang menjadi tempat warga mencari nafkah seperti sungai, laut. Dapat disimpulkan bahwa dampak pencemaran dapat meluas dan merugikan banyak orang apabila kita sendiri tidak menjaga lingkungan dan meminimalisir pencemaran.

      Hapus
  10. Trimakasih kakak, kakak sangat membantuku untuk ngerjain PR

    BalasHapus
  11. apakah ini sudah cara yang paling efektif atau masih ada cara yang lebih efektif lagi untuk mengatasi pencemaran air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin cara yang lebih efektif masih banyak,tetapi apabila kita rutin melakukan hal-hal kecil untuk mengurangi pencemaran air hal itu dapat berdampa besar bagi lingkungan dan sekitarnya. intinya hal-hal kecil yang dilakukan berulang kali maka akan membuahkan hasil yang maksimal.

      Hapus
  12. Jika melihat kejadian di beberapa daerah banyak pencemaran yang terjadi akan tetapi dari sisi pemerintah sendiri juga tidak ada penanggulangan lebih lanjut dan pemerintah terkesan tidak peduli. Menurut anda apakah salah jika masyarakat meminta hak kenyamanan nya kepada pemerintah apabila hal tersebut menyangkut juga beberapa hal yang tercantum di UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya,masyarakat berhak untuk meminta kenyamaan sesuai dengan pasal UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Karena semua orang berhak mendapatkan hal tersebut. namun satu hal yang perlu diperhatikan yaitu jika ingin meminimalisir adanya pencemaran air yaitu harus ada kesadaran dari kedua belah pihak,baik dari masyarakat maupun dari pemerintah. Apabila masyarakat sudah berkeinginan untuk menanggulangi pencemaran air tetapi oleh pihak pemerintah tidak di dukung tentunya sama saja tidak akan berjalan. begitu juga apabila pemerintah sudah bertekad tetapi masyarakat tidak mendukung tentunya sama saja. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil yaitu adanya dukugan dari kedua belah pihak untuk mencapai tercapainya satu tujuan tersebut.

      Hapus
  13. Bagaimana indikasi suatu pencemacan bisa disebut sbg pencemaran kronis? Tlg penjelasannya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indikasi pencemaran yang sudah tergolong kronis yaitu apabila pencemaran tersebut sudah menyebabkan seseorang,hewan,tumbuhan terkena penyakit yang serius.
      Contohnya seperti adanya orang yang terkena penyakit kulit akibat mandi dengan air yang sudah tercemar limbah. Hal ini tidak bisa diabaikan,karena semakin dibiarkan bakteri-bakteri yang menyerang akan semakin melebar dan dapat menyebabkan infeksi.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Bagaimana caranya menanggulangi pencemaran air yang mengandung limbah berbahaya dan sudah diserap tanah bertahun-tahun mbak nisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya kita harus mengetahui karakteristik sudah sejauh apa tanah itu tercemar dan kenapa bisa tanah tersebut tercemar. Sehingga setelah menemukan penyebabnya lalu masalah tersebut dapat diselesaikan. Dengan cara menimbun sampah dedaunan yang nantinya akan menjadi kompos dan dapat menyuburkan tanah. Hal tersebut dapat mengembalikan fungsi tanah yang sebenarnya.

      Hapus
  16. Halo, saya mau bertanyaa
    Bagaimana dengan Anda sendiri, apa yang sudah Anda lakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pertanyaannya, dari saya sendiri insyaAllah sudah melakukan pencegahan pencemaran air meskipun belum secara besar-besaran. Hal-hal kecil yang sayalakukan yaitu tidak membuang sampah pada saluran air yang nantinya dapat mencemari air dan menyumbat sanitasi.

      Hapus
  17. Menurut Anda, bagaimana cara mengurangi penggunaan deterjen bagi mereka yang mempunyai usaha laundry?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi yang dapat dilakukan yaitu membangun penampungan khusus untuk menampung air limbah bekas mencuci. Dan menggunakan metode sekali bilas agar menghemat air dan meminimalisir penggunaan detergent.

      Hapus
  18. bagaimana pendapat anda tentang dampak ke depannya pencemaran air apabila tidak ada kesadaran dari pemerintah maupun masyarakat?

    BalasHapus
  19. Dampak yang akan terjadi apabila tidak ada kesadaran dari kedua belah pihak yaitu, rusaknya lingkungan, menurunnya tingkat kemakmuran, kesehatan. Dan apabila alam telah rusak maka yang akan menopang hidup manusi, hewan siapa lagi.

    BalasHapus
  20. Upaya apa yang telah dilakukan oleh diri sendiri?

    BalasHapus
  21. Upaya yang sudah saya lakukan yaitu tidak membuang sampah secara sembarangan, menggunakan air sebijak ungkin dan meminimalisir penggunaan detergent

    BalasHapus
  22. Menurut anissa, bagaimana cara membuat masyarakat ikut ambil serta dalam pencegahan pencemaran lingkungan?

    BalasHapus
  23. Menurut Anda, bagaimana cara menanggulangi limbah air?

    BalasHapus
  24. artikelnya bagus!
    maaf sebelumnya saya ingin bertanya, seberapa besar pencemaran air di indonesia?

    BalasHapus
  25. Berikan penjelasan lebih rinci dan gambar untuk memudahkan dalam penjelasan

    BalasHapus
  26. Bagaimana cara anda menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan pada anak2, padahal banyak orang yang sejak kecil tau akan bahaya membuang sampah sembarangan akan mencemari lingkungan, tapi sampai saat ini hal tersebut hanya dijadikan sebagai ungkapan tanpa ada tindakan yang nyata padahal dampaknya sangat besar tergadap lingkungan

    BalasHapus
  27. Yang dimaksud pencemaran suara gimana kak? Tolong jelasin dong lebih rincinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Limbah Hasil Produksi Furniture

DESIGN FOR ENVIRONMENT